POWER USERS

APLIKASI KOMPUTER DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

POWER USERS

I. Definition

Power Users adalah jenis user komputer yang paling tinggi tingkat kompleksitas dan tingkat kesulitan penggunaan aplikasinya. Jenis user ini memiliki terkadang memiliki right untuk menjalankan perintah-perintah fitur-fitur istimewa pada beberapa program tertentu. Power Users memerlukan komputer dengan spesifikasi terbaik di bidang yang mereka geluti . Kelompok Power Users biasanya menggunakan jenis komputer workstation atau komputer tipe lainnya yang lebih canggih . Mereka biasanya adalah kelompok user yang memiliki kompetensi spesial di bidangnya masing-masing. Power Users umumnya merupakan jenis pengguna aplikasi yang memerlukan keahlian khusus dalam pengoperasiannya. Walaupun seringkali jenis kelompok Power Users ini identik sebagai programmer di mata orang awam, tidak semua Power Users adalah programmer. Beberapa contoh Power Users adalah Video Editor, Graphic Designer, Audio Producer, Scientific Researcher, Multimedia Author, Desktop Publisher, bahkan Professional Gamers.

II. Application

· Desktop Publisher

a. Adobe Pagemaker

Merupakan software desktop publishing pertama yang diperkenalkan pada tahun 1985 oleh Aldus Corporation awalnya untuk Apple Macintosh dan lalu untuk PCs dan juga Microsoft Windows. PageMaker mendapatkan penghargaan SPA Excellence in Software Award atas Best New Use of a Computer tahun 1986. Versi Macintosh hanya berjalan di Mac OS 9 atau versi yang lebih awal.Adobe Pagemaker adalah merupakan software Desktop Publishing yang menjadi standar industry publikasi. Adobe PageMaker merupakan program aplikasi yang tujuan utamanya untuk mengatur tata letak (layout) materi publikasi, baik cetak maupun non cetak, seperti: majalah, buku bulletin, koran, dan sebagainya. Objek yang ditata, bisa berupa: teks, gambar,Adobe PageMaker merupakan program aplikasi yang tujuan utamanya untuk mengatur tata letak (layout) materi publikasi, baik cetak maupun non cetak. Misalnya majalah, buku, bulletin, koran, dan sebagainya. Objek yang diatur, bisa berupa teks, gambar, dan foto yang sudah diolah oleh aplikasi lain. Fasilitas pengolahan gambar dan foto pada PageMaker sangatlah minim. Aplikasi PageMaker ini masih ada hubungannya dengan program aplikasi desain grafis yang lain. Pagemaker bisa digunakan untuk mengedit teks dengan story editor. Pagemaker juga bisa mengimpor dalam bentuk file PDF.

b. Adobe InDesign

Merupakan desktop publishing (DTP) software yang diproduksi oleh Adobe Systems yang dapat digunakan untuk membuat poster, brosur, bahkan majalah atau buku. Adobe InDesign menawarkan kemudahan yang lebih daripada Adobe Pagemaker terutama dalam hal design layout. Adobe InDesign merupakan program desain publikasi, tata letak yang sangat populer saat ini. Versi terbaru Adobe InDesign menawarkan kemudahan, kepraktisan, serta fasilitas yang lengkap dan menarik yang tidak dimiliki program lain. Fasilitas Adobe InDesign mampu melakukan pengoranisasian materi, khususnya teks yang mengalir dalam bentuk paragraf, kolom, halaman . Adobe Indesign merupakan ikon baru dunia tata letak layout dan prepess. Pengganti Adobe PageMaker ini, dilengkapi dengan fitur-fitur canggih dan unik. Mulai dari penataan dan pengolahan bahan-bahan publikasi, bentuk ornamen, sistem penomoran halaman, aplikasi spreadsheet, hingga teknis percetakan. Dengan sentuhan aplikasi Adobe Indesign , halaman publikasi anda tidak lagi sekedar teks dan gambar bertumpuk, tetapi lebih berkesan, artistik dan tervisualisasikan.

c. Corel Draw

Corel Draw merupakan aplikasi design grafis yang banyak digunakan untuk melakukan kompilasi design berbagai media cetak seperti membuat brosur, buku, iklan dan lain sebagainya. Format vector yang digunakan membuat hasil karya yang dihasilkan menjadi lebih jelas dan ukuran filenya lebih kecil, sehingga dapat mempercepat proses output yang dihasilkan. Proses prepress didahului dengan proses setting terhadap file yang akan dicetak, baik terhadap jenis kertas, ukuran cetak, jenis mesin cetak, dan lain-lain.

d. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan salah satu program aplikasi tercanggih dan terpopuler saat ini yang ditujukan untuk menyunting dan memanipulasi image (image-editing). Program aplikasi ini banyak membantu para profesional dalam dunia fotografi dan pracetak. Versi terbaru dari Adobe Photoshop adalah Adobe Photoshop CS3. Adobe Photoshop CS3 sebagai The professional standard in desktop digital imaging” merupakan pengembangan dari Adobe Photoshop versi sebelumnya yang dikonsentrasikan agar program aplikasi ini lebih mudah dipakai, lengkap, andal, fleksibel dan lebih efisien. Dengan Adobe Photoshop CS3 Anda dapat dengan mudah membuat dan menyunting image dengan kualitas yang tinggi yang siap untuk dicetak, ditempatkan di situs Web atau untuk keperluan lainnya.

· Video Editor

a. VideoPad Video Editor

VideoPad Video Editor merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk memodifikasi file-file multimedia berupa film.Meski berukuran kecil,namun aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang memukau dan banyak yang menarik untuk kebutuhan tingkat profesional,di antaranya efek-efek,transisi,line tune brightness,penambahan track musik sampai dengan 255,dll.

b. Microsoft Visual C++

Berkembangnya teknologi memberi kesempatan masyarakat untuk mengabadikan saat-saat melalui video. Pembentukan video digital yang baik membutuhkan proses editing yang baik pula. Untuk melakukan proses editing video digital dibutuhkan program editor. Berdasarkan permasalahan diatas maka dibuatlah aplikasi editor sederhana untuk video digital. Pembuatan aplikasi memakai teknik pemrograman di bidang multimedia, khususnya video. Perencanaan dalam pembuatan aplikasi tersebut akan dimulai dengan pembentukan kompresi dan dekompresi file video, kemudian dilanjutkan dengan proses editing terhadap file video digital. Selain itu program juga dilengkapi dengan fasilitas untuk mendukung proses editing. Aplikasi tersebut akan dibuat dengan Microsoft Visual C++ dengan menggunakan teknologi DirectX, khususnya DirectShow. Aplikasi tersebut meyediakan fasilitas-fasilitas dasar yang membantu proses editing pada video digital. Dengan aplikasi tersebut dihasilkan file video baru dalam format AVI yang terbentuk dari proses editing
yang dilakukan. Melalui proses pengujian aplikasi didapatkan beberapa hasil yang menunjukkan kemampuan aplikasi melakukan proses pemotongan dan penyisipan file video dalam format AVI, MPEG, MPG dan DAT. Proses pemotongan dan penyisipan dilakukan dengan urutan yang statis. Selain itu aplikasi juga menyediakan efek antara masing-masing clip. Dan yang terakhir melakukan proses penyimpanan satu file dalam format AVI yang terbentuk dari proses editing dalam aplikasi.

c. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro merupakan program untuk menyunting dan mendesain suatu film atau video. Namun demikian, Anda juga dapat menggunakan software ini untuk membuat suatu desain iklan digital demi memenuhi kebutuhan dunia periklanan audio visual yang bila didukung oleh sistem pengolahan dan daya kreasi yang tinggi maka Anda akan dapat menciptakan suatu hasil karya seni berbentuk desain iklan digital dengan animasi-animasi yang indah dan eksklusif.

· Graphic Design

a. DrawPlus 4

Aplikasi berguna untuk membuat lukisan, logo, animasi, layout, diagram untuk bisnis. Dan juga aplikasi ini cocok dengan file-file dari Adobe Ilustrator, EPS dan CAD Graphic.

b. Adobe Ilustrator

Program Adobe Illustrator CS adalah software desain grafis yang andal, yang sudah terbukti kehebatanya dalam dunia desain grafis. Dengan beragai macam filter dan efeknya yang sangat menarik, termasuk efek 3D, para desainer menjadi leluasa untukmengembangkan imajnasi desainnnya.

c. Macromedia Freehand

Macromedia Freehand adalah program aplikasi desain grafis untuk mengolah gambar vektor, seperti membuat desain logo, desain brosur, dan produk-produk grafis lainnya. Bahkan dengan versi terbarunya , Macromedia Freehand 10 , mampu menghasilkan gambar animasi dengan format SWF. Program ini merupakan pioneer dalam mengolah gambar-gambar vektor. Cara kerjanya yang efisien dan tool-toolnya yang sangat fleksibel untuk editing objek membuat para praktisi di dunia grafis banyak yang memilih program ini dalam membantu menyelesaikan pekerjaannya. Bahkan beberapa program aplikasi untuk editing gambar vektor yang terkenal banyak mencontoh teknik kerja dari tool-tool yang ada di Macromedia Freehand ini.

· Scientific Researcher

a. Geographic Information System

Software ini merupakan suatu sistem yang digunakan untuk menyimpan dan menganalisis objek-objek dan fenomena-fenomena dimana lokasi geografis merupakan karakteristik yang penting atau kritis untuk dianalisis. GIS menghubungkan data dengan lokasi/peta. GIS adalah alat yang dapat digunakan untuk menganalisa dan melihat pola-pola data data yang divisualisasikan secara geografis. Contohnya, pola-pola sebaran penduduk, yang jika dilihat dengan data berbentuk table saja akan sulit dipahami. Dengan GIS, data tersebut diintegrasikan dengan peta dan divisualisasikan, sehingga akan terlihat pola sebaran yang terjadi.

· Business Enterprise Software

a. ERP (Enterprise Resource Planning)

Enterprise Resource Planning merupakan aplikasi tersentralisasi dan terintegrasi operasi dan produksi yang membantu pengaturan dan koordinasi aktivitas yang sedang berjalan pada setiap unit fungsional terkait pada sebuah perusahaan, antara lain manufaktur, distribution, accounting, finance, sales, product planning, dan human resource. Atau dalam arti lain menurut Wikipedia, adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahaan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan. Aplikasi ERP adalah perangkat lunak yang dikembangkan untuk menjawab kebutuhan bisnis dalam hal integrasi dan sinkronisasi proses bisnis. Konsep ERP dapat dijalankan dengan baik, jika didukung aplikasi dan infrastruktur komputer baik hardware/software sehingga pengolahan dapat dilakukan dengan mudah. ERP dapat dideskripsikan sebagai sebuah konsep untuk merencanakan dan mengelola sumber daya organisasi agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menghasilkan nilai tambah bagi seluruh pihak yang berkepentingan (stake holder) atas organisasi tersebut.

b. CRM (Customer Relationship Management)

Customer Relationship Management merupakan sebuah filosofi perusahaan yang menggunakan pendekatan yang memfokuskan pada customer dan menganggap customer sebagai hal yang utama dalam menjalankan semua aspek bisnis. Arti lain menurut Wikipedia, adalah suatu jenis manajemen yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan di mata para pelanggannya. CRM melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan, termasuk di dalamnya adalah pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales force), pemasaran, dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (field service). CRM merupakan bentuk aplikasi dari teknologi informasi di divisi penjualan. Sasaran utama dari CRM, adalah untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas perusahaan melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan (behavior) pelanggan. CRM bukanlah teknologi itu sendiri, tapi merupakan pendekatan holistik terhadap falsafah organisasi yang menekankan hubungan yang erat dengan pelanggan. CRM bertujuan untuk menyediakan umpan balik yang lebih efektif dan integrasi yang lebih baik dengan pengendalian return on investment (ROI) di area ini.

III. REFERENSI
http://www.techterms.com/definition/poweruser

· http://en.wikipedia.org/wiki/Power_user

· http://brainmatics.com/desktop-publishing-dengan-corel-draw-dan-photoshop/

· http://hana.blog.binusian.org/2009/04/11/erp-dan-crm/

· http://www.bookoopedia.com/…/panduan-lengkap-memakai-adobe-illustrator-cs-2.html

· book.store.co.id/Panduan_Desain_Grafis_dengan_Adobe_Illustrator_CS2_buku_2841.html

· http://www.bookoopedia.com/…/seri-panduan-lengkap-adobe-premiere-pro-2-0.html

· siaf-aceh.com/…/download-adobe-premiere-pro-cs4-with-keygen.html

SOURCE Pengantar Teknologi Informasi : http://ivaneberta.blog.binusian.org/

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: