Pagemaker..apa itu??

Anda tentu pernah membaca atau melihat sebuah majalah, bulletin, atau tabloid. Anda akan temui halaman demi halaman pada media massa tersebut berisi teks, foto, atau ilustrasi. Sebuah media massa yang hanya berisi teks saja, tentu akan membosankan. Namun, sekalipun harus disertai gambar, itu pun harus ditata secara baik.

Pernahkah Anda mencari tahu, bagaimana proses pengerjaan tata letak media tersebut? Untuk melakukan itu, program aplikasi yang bisa digunakan adalah Adobe PageMaker. Untuk kali ini yang akan dibahas adalah Adobe PageMaker 7.0.

Adobe PageMaker merupakan program aplikasi yang tujuan utamanya untuk mengatur tata letak (layout) materi publikasi, baik cetak maupun non cetak, seperti: majalah, buku bulletin, koran, dan sebagainya. Objek yang ditata, bisa berupa: teks, gambar,Adobe PageMaker merupakan program aplikasi yang tujuan utamanya untuk mengatur tata letak (layout) materi publikasi, baik cetak maupun non cetak. Misalnya majalah, buku, bulletin, koran, dan sebagainya. Objek yang diatur, bisa berupa teks, gambar, dan foto yang sudah diolah oleh aplikasi lain. Fasilitas pengolahan gambar dan foto pada PageMaker sangatlah minim.

Aplikasi PageMaker ini masih ada hubungannya dengan program aplikasi desain grafis yang lain. bisa mengedit teks dengan story editor. Bisa juga dengan mendouble klik, mengimpor dalam bentuk file PDF.

Adobe PageMaker masih ada keterbatasan,salah satunya tidak ada fasilitas untuk membuat tabel. Tapi kita bisa memanfaatkan program aplikasi Adobe Tabel 3.0 yang biasanya disertakan ketika kita menginstall program aplikasi Adobe Pagemaker.

Table merupakan program eksternal yang terpisah dari program aplikasi Adobe PageMaker, Anda harus melatih keterampilan Anda dalam melay out menggunakan Pagemaker atau foto yang udah diolah aplikasi lain. Pasalnya, pengolahan gambar dan foto pada PageMaker sangatlah minim.

Oleh karena itu, untuk mengolah gambar dan foto, Anda juga harus menguasai program aplikasi lainnya, seperti; Adobe Photoshop dan CorelDRAW. Untuk dapat menguasai dua program aplikasi tersebut

Source : http://www.edukasimedia.com/lama/edukasi_mediaprodukview.php?id_barang=43

Explore posts in the same categories: Computer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: