word jadi kalkulator ilmiah

Siapa pun Anda, masih sekolah, kuliah atau sudah bekerja, pasti pernah berpusing-pusing dengan rumus-rumus matematika. Berbagai rumus mulai yang sederhana sampai yang rumit mungkin pernah Anda hadapi. Mulai dari sekedar aljabar sederhana sampai hitungan aplikatif di dunia ekonomi atau bahkan engineering. Tahukah jika sekarang semua bisa Anda kerjakan hanya dengan mengandalkan Microsoft Word 2007?

Menyelesaikan Tugas Hitungan

Pernah bertemu dengan pelajaran Matematika, Fisika atau Kimia ketika bersekolah? Atau bahkan bertemu matakuliah Kalkulus di universitas? Atau Anda sekarang sedang sibuk menghitung nilai investasi masa depan? Apa pun tingkat kesulitannya, pasti setidaknya Anda pernah bertemu dengan salah satu di antaranya.

Pada waktu saya masih duduk di bangku kuliah, setidaknya saya membutuhkan beberapa alat bantu untuk menyelesaikan tugas hitung-hitungan dan membuat laporannya. Alat bantu tersebut setidaknya: Microsoft Word (untuk membuat laporan), Microsoft Excel (untuk melakukan kalkulasi dalam bentuk worksheet dan grafik), scientific calculator (untuk menghitung rumus-rumus yang sulit didefinisikan pada Microsoft Excel). Tak jarang saya juga membutuhkan aplikasi tambahan lain (misal: MathCad, MathLab atau Statistica), atau bahkan harus melakukan pemrograman dengan bahasa FORTRAN atau C.

Banyaknya alat bantu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut juga berdampak pada menjadi rumitnya pekerjaan Anda. Menghitung rumus-rumus yang rumit di kalkulator ilmiah, mencatat dan menampilkan hasilnya dalam bentuk grafik di Excel, meng-copy & paste dan menyusun dalam bentuk laporan di Word. Bisa dibayangkan jika ada koreksi yang harus dilakukan, maka semua proses harus diulang kembali.

Microsoft Math Add-in

Sebagian pengguna Microsoft Word sudah familiar dengan keberadaan Equation Editor. Utilitas ini dapat dipakai untuk menuliskan rumus-rumus matematika pada sebuah dokumen Microsoft Word. Namun keberadaan utilitas ini hanyalah sebuah utilitas ‘statik’ yang tidak mampu melakukan kalkulasi apa pun.

Kini dengan hadirnya Microsoft Math add-in pada Microsoft Word 2007, Anda dapat menyederhanakan beberapa proses pekerjaan. Jika sebelumnya harus menggunakan beberapa alat bantu, kini cukup menggunakan satu alat bantu saja, yaitu Microsoft Word! Add-in ini tidak hanya menggantikan peran Equation Editor, tapi juga bisa berfungsi layaknya kalkulator ilmiah yang sangat mumpuni.

Add-in ini dapat diperoleh secara gratis melalui alamat http://www.microsoft.com/downloads/details.aspx?familyid=030fae9c-704f-48ca-971d-56241aefc764&displaylang=en&tm.

Instalasi dilakukan dengan menjalankan file tersebut. Proses instalasi sangat sederhana, cukup ikuti proses dengan mengklik tombol Next dan Install.

Setelah instalasi dilakukan, langkah awal yang mungkin perlu Anda lakukan adalah mengatur preferensi Microsoft Math Anda (buka menu Add-Ins – Math – Math Preferences …) . Pengaturan preferensi bertujuan untuk mengatur environment kalkulasi yang dilakukan (misal kalkulasi sudut dan tingkat ketelitian di belakang koma).

Berhitung Menggunakan Persamaan

Untuk memulai membuat persamaan menggunakan Math Add-in, klik menu Add-Ins – Math – Insert New Equation.

Selain akan memunculkan bidang tempat menulis persamaan, Anda dapat memanfaatkan Equation Tools yang terdapat pada toolbar. Equation Tools ini tentu akan mempermudah dalam penulisan persamaan. Juga tersedia beberapa persamaan secara built-in (terdapat pada button Equation pada pojok kiri Equation Tools).

Saya memulai dengan membuat persamaan yang sangat sederhana, misal: x + 3 = 5. Tentu dengan mudah kita bisa menjawab x = 2. Tulis persamaan tersebut (x + 3 = 5) pada bidang new equation, lalu klik kanan persamaan tersebut dan pilih Solve for x. Hasilnya Anda akan mendapatkan nilai x = 2.

Kompleksitas hitungan bisa ditingkatkan dengan melibatkan 2 (dua) atau lebih persamaan. Tidak hanya sekedar persamaan linier, tapi juga persamaan lainnya. Kali ini kita akan menggabungkan persamaan linier di atas dengan persamaan kuadrat, y = x2 + 2x + 4 (dengan persamaan dasar y = ax2 + bx + c). Sorot ke-dua buah persamaan tersebut (persamaan linier x + 3 = 5 dan persamaan kuadrat y = x2 + 2x + 4) secara bersamaan, lalu pilih Solve for x,y. Diperoleh jawaban berupa nilai x = 2 dan y = 12.

Bekerja dengan Grafik

Bentuk persamaan dasar dari x + 3 = 5 adalah y = ax + b. Sehingga persamaan x + 3 = 5 bisa ditulis ulang dalam bentuk persamaan berikut:

y = x + 3

y = 5

Kembali ke persamaan awal, x + 3 = 5, jika Anda meng-klik kanan persamaan tersebut, akan muncul pilihan Plot Both Sides in 2D. Hasilnya Math Add-in akan menggambarkan 2 buah garis linier, y = x + 3 dan y = 5. Dari perpotongan ke-dua buah garis linier, kita bisa menemukan keduanya bertemu pada nilai x = 2 (pada posisi di mana nilai y = 5). –

Untuk mengambil gambar grafik tersebut agar ditempelkan pada dokumen Word, klik button Insert.

Pada contoh berikutnya kita akan membuat grafik yang berasal dari 2 (dua) buah persamaan, linier dan kuadrat:

x + y = 8

y = 2x2 – x + 1

Hasil klik kanan sekaligus dari ke-dua buah persamaan di atas menghasilkan 2 (dua) pasang kemungkinan nilai x dan y (menggunakan pilihan Solve for x, y), yaitu:

dan

Hasil tersebut bisa dibuktikan menggunakan visualisasi grafik, dengan cara meng-klik kanan hasil sorotan kedua buah persamaan di atas, lalu pilih Plot in 2D.

Grafik yang bisa dihasilkan tidak selalu dalam bentuk 2 dimensi. Tentunya bergantung pada persamaan yang Anda masukkan. Jika persamaan tersebut menghasilkan bentukan koordinat keruangan (3 dimensi) dengan sumbu x, sumbu y dan sumbu z, tentu kita dapat memperoleh hasil 3D nya. Contoh persamaan berikut akan menghasilkan bentuk permukaan 3D:

z = sin x – 2 cos y

Klik kanan pada persamaan tersebut dan pilih Plot in 3D. Perhatikan *** bahwa Anda bisa memutar arah pandang permukaan 3D ini dalam arah rotasi sumbu x, y atau z. Untuk memutarnya, pilih menu Rotate di kiri gambar, lalu pilih sumbu rotasinya pada pilihan dropdown. Setelah itu klik arah rotasi (searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam).

Penutup

Dengan menggunakan Math Add-in pada Microsoft Word 2007, Anda bisa menuliskan dan menyelesaikan berbagai persamaan matematika. Tidak terbatas pada persamaan linier atau persamaan kuadrat, kompleksitas kalkulasi tentu bisa dengan mudah Anda kembangkan dengan menuliskan persamaan-persamaan yang ingin Anda pecahkan.

Dengan menggunakan Math Add-in Anda juga dapat memvisualisasikan persamaan-persamaan tersebut ke dalam bentuk visual (grafik) 2 dimensi atau 3 dimensi. Bahkan pada penggambaran 3 dimensi Anda dapat melihat hasil visualisasinya dalam berbagai arah sudut pandang.

http://mugi.or.id/blogs/zikri/archive/2008/10/24/microsoft-word-jadi-kalkulator-ilmiah.aspx

Explore posts in the same categories: Computer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: